Senin, 21 Maret 2011

COMPARATIVE VALUE RELEVANCE AMONG GERMAN U.S. AND INTERNATIONAL ACCOUNTING STANDARDS: A GERMAN STOCK MARKET PERSPECTIVE

By:Eli Bartov, Stephen R. Goldberg, Myung-Sun Kim

Standar Akuntansi Amerika Serikat dan Standar Akuntansi Internasional berkompetisi sebagai standar internasional yang dapat diterima sebagai standar pelaporan keuangan untuk pasar modal di dunia dan di Amerika Serikat. Standar Akuntansi Amerika Serikat dan Standar Akuntansi Internasional dikembangkan dalam praktek akuntansi untuk sector privat dan lebih menekankan pada kepentingan shareholder. Sedangkan standar di Jerman dikembangkan untuk kepentingan stakeholder termasuk di dalamnya untuk kepentingan pajak.

Peneliti mengekspektasikan bahwa laba yang dihasilkan oleh standar akuntansi Amerika Serikat dan Standar Akuntansi Internasional memiliki tingkat relevansi yang tinggi daripada laba yang dihasilkan oleh standar akuntansi Jerman. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan relevansi nilai terhadap laba akuntansi yang dihasilkan oleh standar akuntansi Jerman, Standar akuntansi Amerika Serikat dan Standar Akuntansi Internasional.

U.S GAAP, German GAAP dan Standar Akuntansi Internasional

Model standar akuntansi di Amerika Serikat dan IAS menekankan pengungkapan laporan keuangan untuk kepentingan investor dan prosepektif investor yang biasanya terpisah dengan kepentingan dan persyaratan atau ketentuan pajak yang berlaku. Dengan kata lain standar akuntansi ditentukan oleh pasar modal dan tidak ditentukan oleh pemerintah.

Model standar akuntansi di jerman ditentukan oleh pemerintah, pemegang saham, pegawai, pemberi pinjaman, dan manager atau yang sering dikenal sebagai stakeholders. Di Jerman, sector perbankan memiliki peran yang penting dalam penyediaan dana.

Beberapa penelitian terdahulu yang digunakan sebagai dasar penelitian ini adalah:
1. Alford et al. (1993) menunjukkan adanya hubungan antara laba dan return saham pada negara-negara yang modalnya didapat dari pasar modal.
2. Joos dan Lang (1994) tidak menemukan bukti bahwa praktek pengukuran di Inggris dihasilkan dari angka akuntansi yang memiliki hubungan yang tinggi dengan harga saham daripada di Jerman,
3. Harris dan Muller (1999) memberikan bukti bahwa banyak kesamaan antara standar akuntansi Amerika Serikat dengan Standar Akuntansi Internasional.
4. Frost dan Pownall (2000) memberikan bukti adanya ketidaksamaan pengungkapan secara simultan pada masing-masing perusahaan baik pada pasar modal Amerika Serikat dan Inggris.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa relevansi nilai lebih tinggi untuk nilai laba akuntansi yang dihasilkan dari Standar Akuntansi Amerika Serikat dan Standar Akuntansi Internasional dibandingkan dengan Standar Akuntansi Jerman. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa tidak ada bukti secara statistik bahwa relevansi nilai dari nilai laba akuntansi yang dihasilkan oleh Standar Akuntansi Amerika Serikat lebih tinggi dari Standar Akuntansi Internasional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar