Senin, 21 Maret 2011

THE IMPACT OF INTERNATIONAL ACCOUNTING STANDARDS ON FIRMS

By: Marjan Petreski

Tujuan dari artikel ini adalah memberikan beberapa argumentasi tentang dampak adopsi dari Standar Akuntansi Internasional. Dalam artikel ini menjelaskan tentang pengaruh Standar Akuntansi Internasional pada 2 aspek yaitu:
1. Pengaruhnya pada manajemen perusahaan.
2. Laporan keuangan perusahaan.

Pengaruh Adopsi Standar Akuntansi Internasional (International Accounting Standards/IAS) pada Manajemen Perusahaan
1. Persyaratan akan item-item pengungapan akan semakin tinggi, karena pengungkapan yang semakin tinggi berhubungan dengan nilai perusahaan yang semakin tinggi pula (Karamanau and Nishiotis, 2005).
2. Dengan mengadopsi IAS, manajemen memiliki akuntabilitas yang tinggi dalam menjalankan perusahaan.
3. Dengan mengadopsi IAS, laporan keuangan perusahaan dapat digunakan untuk pengambilan keputusan perusahaan, karena laporan keuangan perusahaan tersebut menghasilkan informasi yang lebih relevan, krusial dan akurat.
4. Dengan mengadopsi IAS, laporan keuangan perusahaan akan lebih mudah dipahami, dapat diperbandingkan dan menghasilkan informasi yang valid untuk aktiva, hutang, ekuitas, pendapatan dan beban perusahaan.
5. Dengan mengadopsi IAS, akan membantu investor dalam mengestimasikan investasi pada perusahaan berdasarkan data-data laporan keuangan perusahaan pada tahun sebelumnya.
6. Dengan semakin tingginya tingkat pengungkapan suatu perusahaan maka berdampak pada rendahnya biaya modal perusahaan.
7. Rendahnya biaya untuk mempersiapkan laporan keuangan berdasarkan IAS.

Pengaruh Adopsi Standar Akuntansi Internasional (International Accounting Standards/IAS) pada Laporan Keuangan Perusahaan
1. Dengan mengadopsi IAS, laporan keuangan yang dihasilkan memiliki tingkat kredibilitas yang tinggi.
2. Dengan mengadopsi IAS, terdapat perbedaan pengukuran item-item dalam laporan keuangan dan rasio keuangan perusahaan. Misalnya: total aktiva dan nilai buku ekuitas akan menghasilkan nilai yang lebih tinggi jika mengadopsi IAS (Hung and Subramanyan, 2004).
3. Dengan mengadopsi IAS, manajemen laba akan semakin rendah, pengakuan kerugian akan semakin sering atau perusahaan lebih konservatis, dan memiliki nilai relevansi (value relevance) yang semakin tinggi (Barth et al, 2005).

2 komentar:

  1. Hello Pencari Pinjaman,

    Apakah Anda memerlukan pinjaman mendesak untuk memulai bisnis, pinjaman Utang? Membeli mobil atau rumah? Jika ya tidak khawatir lagi, Untuk kami menawarkan semua jenis pinjaman pada tingkat bunga rendah dan terjangkau dari 2%, tanpa agunan dan tanpa pemeriksaan kredit. Kembali kepada kami jika Anda membutuhkan pinjaman dengan informasi di bawah.

    (1) Nama:
    (2) Jumlah Pinjaman Dibutuhkan:
    (3) Durasi Pinjaman:
    (4) Nomor Telepon:
    (5) Negara:
    (6) Negara:

    Hubungi kami sekarang via Email hari ini: (s.youngfinance002@gmail.com)


    Wishes baik.
    Steven muda

    BalasHapus

  2. Apakah Anda mencari pinjaman? Anda membutuhkan Kredit Usaha, Kredit Tanpa Agunan, Kredit Perumahan, Atau yang Anda menolak pinjaman oleh bank atau lembaga keuangan untuk satu atau lebih alasan? Anda memiliki tempat yang tepat untuk solusi pinjaman Anda di sini! perusahaan pinjaman Elina Johnson kita terbatas dalam memberikan pinjaman kepada perusahaan dan individu pada tingkat bunga rendah dan terjangkau dari 2%. Silahkan hubungi kami melalui e-mail hari ini melalui Alexanderrobertloan@gmail.com

    Kami memberikan pinjaman mulai dari Jumlah minimum 5.000 untuk 500.000.000,00 pada mata uang berikut: Inggris Dolar Negara, Eropa dan Great British Pounds (GBP).

    DATA PEMOHON:

    1) Nama Lengkap:
    2) Negara:
    3) Alamat: a
    4) Negara:
    5) Sex:
    6) Status Pernikahan:
    7) Pekerjaan:
    8) Nomor Telepon:
    9) posisi Saat ini di tempat kerja:
    10) Pendapatan Bulanan:
    11) Jumlah Pinjaman Dibutuhkan:
    12) Durasi Pinjaman:
    13) Tujuan Pinjaman:
    14) Agama:
    15) Apakah Anda menerapkan sebelum;
    16) Tanggal lahir;
    Terima kasih,
    MR ALEXANDER ROBERT

    BalasHapus